Samsung Gabungkan Windows 8 dan Android di Ativ Q

London - membuat gebrakan dengan tablet PC Samsung terbaru yang mempunyai kemampuan unik. Adalah Ativ Q, tablet hybrid Samsung terbaru yang di dalamnya sudah terbenam 2 sistem operasi Windows 8 dan Android Jelly Bean sekaligus.

Ya, Ativ Q punya kemampuan dual OS dan sudah dilengkapi dengan keyboard. Jadi pengguna bebas memilih perangkat ini mau dioperasikan menggunakan OS robot hijau atau tampil dengan gaya kotak-kotak ala Windows 8.

Dalam event Samsung Premier yang berlangsung di London, Inggris, senior Manager Product Planning Samsung Electronics Robert Agon menyatakan bahwa meskipun punya dua OS, menggunakan Ativ Q sama saja seperti tablet PC pada umumnya.

Jika tampil menjadi tablet Android, Ativ Q bisa punya tampilan seperti perangkat robot hijau lainnya dan bisa mengakses lebih dari 800 ribu aplikasi yang tersedia di Google Play.

Begitu pula saat ia tampil dalam mode Windows 8, operasional dan instalasi aplikasi dilakukan seperti tablet Windows 8 kebanyakan. Tak ada yang berubah.

"Untuk mengganti OS -- entah Anda ingin menggunakan OS Windows 8 atau Android -- pun sangat mudah. Tinggal dilakukan dalam satu tombol. Jadi tak perlu restart atau on-off," jelasnya.


"Jadi di sini kami ingin memberikan kebebasan kepada pengguna dalam hal penggunaan OS, mau memakai Android atau Windows 8," lanjut Robert, yang langsung datang dari markas pusat Samsung di Korea Selatan tersebut untuk memamerkan kemampuan Ativ Q.

Salah satu fitur menarik dari Ativ Q adalah ia dapat melakukan transfer file dan aplikasi. Dalam demonya, aplikasi Draw Something yang sejatinya diinstal saat mode Android dapat diimpor dengan mudah ke mode Windows 8. Tinggal drag and drop. Begitu juga untuk file foto.

Untuk desain, Ativ Q juga tampil memukau. Ia pula 4 gaya perubahan bentuk, yakni sebagai tablet PC, notebook, floating, dan stand dimana layarnya dapat dilipat ke arah berlawanan alias menghadap ke depan.

Adapun besar layarnya adalah 13,3 inch QHD beresolusi 3200x1800, ketebalan 13,9 mm dan berat 1,29 kg. Perangkat ini juga sudah dilengkapi S-Pen dengan 1024 level sensitivity. Sementara untuk dapur pacu sudah diperkuat dengan prosesor teranyar Intel Haswell.


Spesifikasi Ativ Q:

- Clamshell, Tablet, Stand, Air Sliding
- Intel Haswell
- 13.3” QHD+ (3200x1800)
- 10 points multi-touch, OCR
- 4 GB DDR3L, 1600MHz
- 128 GB SSD
- Intel HD Graphics
- Full-sized KBD and optical point
- 327.0 x 217.8 x 13.9, 1.29kg
- 47Wh, 9 hours
- 1.5watt x 2 stereo speakers
- Dual digital array mic
- 720p HD (1.0M)
- Gigabit Ethernet
- 802.11 abg/n
- 1xUSB3.0, 1xUSB2.0, HDMI,
- RJ45 (dongle), HP/Mic combo,
- micro SD
- Accelerometer, Gyro, Compass, ALS



(dc/ik)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Samsung Gabungkan Windows 8 dan Android di Ativ Q"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish