Cara Manusia Berkomunikasi dengan mahluk Alien?

CALIFORNIA - Ilmuwan banyak yang meyakini bahwa ada kehidupan asing di luar Bumi. Mereka tak henti-hentinya mencoba untuk mencari kebenaran makhluk tersebut.

Melalui seorang seniman konseptual Kim Asendorf, ia mempelopori untuk mengirimkan sebuah animasi ke luar angkasa. Salah satu upaya untuk berkomunikasi dengan alien atau makhluk asing ini ialah dengan cara melakukan percobaan Long Signal METI (Messaging Extra Terrestrial Intelligence). Kim mengirimkan semacam gambar berformat GIF ke luar angkasa.

Dilansir dari Technobuffalo, Selasa (18/6/2013), Para ilmuwan sangat ingin untuk menentukan apakah manusia hidup 'sendirian' di alam semesta. Bukti yang diungkap NASA menunjukkan bahwa Mars bisa mendukung kehidupan mikroba. NASA Curiosity yang merupakan robot penjelajah planet merah juga masih mengungkap tanda-tanda kehidupan di Mars.

Program mengirimkan gambar GIF ini diprakarsai oleh seniman konseptual Kim Asendorf. Animasi GIF tersebut dikirimkan ke Gliese 526, yang merupakan konstelasi atau rasi bintang sejauh 17,6 tahun cahaya dari Bumi.

Animasi GIF itu sendiri dikatakan sebagai sesuatu yang aneh dan membingungkan, bahkan membosankan. Ilmuwan berharap bahwa animasi GIF tersebut bisa ditangkap oleh alien.

Asendorf memilih konstelasi bintang karena itu dianggap sebagai sistem tata surya yang berpotensi dihuni. Sinyal gambar tersebut kabarnya baru akan sampai di 2031. 

kita tunggu saja kelanjutannya. 


(thb)

Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.